Cara Membuat dan Memasang Halaman Statis di Blog

Bagi anda yang baru membuat dan ingin mengenal blog agar blog yang anda kelola lebih terlihat profesional, alangkah baiknya anda membuat halaman statis.

Halaman statis adalah halaman yang yang disediakan oleh blogger yang bersifat khusus dan tunggal, halaman ini biasanya tidak memiliki tanggal penerbitan.

Halaman ini biasanya digunakan untuk menerbitkan data yang penting berupa informasi blog seperti halaman Tentang/About, halaman Privasi/Privacy, halaman Kontak/Contact dan banyak lainnya yang mendukung informasi blog anda.

Pengertian dari About, Privacy, Disclaimer dan TOS di Blog

Dibawah ini halaman statis yang diwajibkan ada untuk informasi blog anda, informasi ini sangat diperlukan jika anda ingin melakukan pendaftaran ke Google Adsense, Berikut halaman statis dan sedikit pengertiannya, diantaranya adalah :

  • Halaman Tentang (About) : Halaman ini dibuat untuk memberikan informasi sebuah blog, biasanya berisi tujuan anda membuat blog dan tema apa yang akan anda sajikan diblog anda, akan tetapi bisa juga anda isi dengan profil anda sebagai pemilik blog.
  • Halaman Privasi (Privacy Policy) halaman ini dibuat untuk mengatur peraturan yang ada di dalam blog, agar para pengujung bisa mengerti dari setiap kunjungan dan meninggal informasi berupa email didalam blog, tidak akan disalahgunakan. Dan memberi tahukan bahwa setiap informasi yang ditinggalkan pengujung dikelola oleh pihak ketiga yaitu Blogger itu sendiri.
  • Halaman Penolakan (Disclaimer) : halaman ini dibuat untuk melindungi pemilik blog dari informasi yang telah diberikan, contoh saya memiliki blog tentang memasak, dipasang discalimer, yang mengatakan bahwa semua dampak kerugian akibat mengikuti artikel saya adalah tanggung jawab masing-masing, bukan tanggung jawab penulis. Jadi dengan kata lain disclaimer adalah pernyataan dibuat untuk melepaskan tanggung jawab. Isinya bertujuan untuk memindahkan tanggung jawab dari sumber ke pemakai. 
  • Halaman Ketentuan Layanan (TOS (term of service)): halaman yang dibuat menjelaskan aturan-aturan yang dibuat dan  harus disetujui oleh kedua belah pihak dalam sebuah pelayanan. Kecuali jika ada hal-hal lain yang menyangkut seperti pelanggaran undang-undang perlindungan konsumen, istilah dalam TOS biasanya mengikat secara hukum. 
  • Halaman Kontak (Contact) : halaman ini dibuat untuk memudahkan pengunjung untuk bisa menghubungi pemilik blog. Halaman ini bisa berupa Form Kontak atau Email.
  • Halaman Daftar Isi: adalah halaman yang menunjukan isi dari sebuah blog mulai postingan maupun halaman. Halaman ini berguna untuk memudahkan pengunjung untuk bisa merayapi blog kita.

Cara Memasang Halaman Statis Pada Blog Baru

Setelah selesai membuat halaman statis untuk blog kita, maka langkah selanjutnya kita harus memasang halaman statis pada template blog kita agar bisa dikunjungi oleh para pengunjung, dan selain itu juga dengan memasang halaman statis untuk memenuhi syarat agar blog kita mudah diterima oleh Google Adsense.
Baca juga : Cara Memasang Google Analytics Pada Template AMP

Memasang Halaman Statis Pada Sidebar Blog

Memasang halaman statis pada sidebar adalah cara yang paling mudah untuk dilakukan.

  • Pertama pilih Menu Tata Letak pada dashboard blogger.
  • Kemudian klik tambahkan Gadget pada bagian sidebar blog.
Cara Membuat dan memasang Halaman Statis di Blog
  • Lalu pilih Halaman.
Cara Membuat dan memasang Halaman Statis di Blog
  • Kemudian berikan tanda centang pada halaman yang ingin anda tampilkan.
Cara Membuat dan memasang Halaman Statis di Blog
  • Dan klik simpan.

Memasang Halaman Statis Pada Menu Bar Blog

Memasang halaman statis pada menu bar bisa dikatakan cukup susah. Karena harus memasang halaman statis melalui metode HTML dan setia template juga memiliki struktur HTML yang berbeda-beda. Jadi dalam pemasangan halaman statis harus lebih diperhatikan letak HTML menu bar nya. Jika masih dibingung ikuti langkah-langkah dibawah ini.
Cara Membuat dan memasang Halaman Statis di Blog
  • Pertama klik Menu Tema.
  • Lalu pilih Edit HTML, maka anda akan melihat halaman kode HTML dari template anda.
  • Untuk tampilannya bisa anda lihat seperti gambar di bawah ini.
Cara Membuat dan memasang Halaman Statis di Blog
  • Anda bisa mencari kode seperti di atas dengan menggunakan CTRL+F, anda hanya cukup ketikan kode ‘#’ lalu klik enter.
  • Jika kode html menu bar sudah ketemu, kemudian ganti kode '#' dengan url yang mengarah ke laman yang anda buat.
  • Setelah selesai memasukan url laman maka klik Simpan.
  • Kemudian anda bisa melakukan pengecekan, dengan membuka mengklik Lihat Blog disebelah kiri dalam dashboard blogger.
Baca juga : Anda Ingin Memasang Plugin Cookie di Blog, Begini Caranya

Memasang Halaman Statis Pada Footer Blog

Untuk memasang halaman pada Footer Blog hampir sama dengan memasang di Menu Bar hanya saja berbeda letak HTML, untuk letak HTML Footer ada dibagian paling bawah dari kode HTML template anda. Lakukan cara yang sama seperti cara memasang laman di menu bar.
Cara Membuat dan memasang Halaman Statis di Blog
Untuk cara memasang laman statis telah saya jelaskan, anda hanya tinggal memilih letak sebelah mana yang anda suka. Selamat mencoba dan semoga berhasil...

0 Response to "Cara Membuat dan Memasang Halaman Statis di Blog"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel